Babinsa Bantu Evakuasi Warga Korban Banjir

Lebong.Banjir kembali membanjiri wilayah Kabupaten Lebong. Seperti di Desa Lemeu, Desa Kota Baru Kecamatan Uram Jaya serta di Desa Talang Ratu Kecamatan Rimbo Pengadang.Sabtu(20/01/24)
Tinggi luapan air Sungai Uram dan Sungai Ketahun ini bervariasi yakni antara 50cm hingga 60cm atau sekitar ketinggian lutut orang dewasa.

Banjir terjadi pada Jumat(19/01) pada pukul 18.30 wib. Banjir becampur lumpur masuk kerumahnya sejak waktu menjelang salat Maghrib. Hujan deras disertakan meluapnya sungai Uram Jaya mengakibatkan pemukiman warga tergenang.

Atas kejadian tersebut Babinsa Koramil 409-08/RP Kodim 0409/RL bergerak cepat kelokasi banjir guna membantu mengevakuasi warga setempat.

Dandim 0409/RL Letkol Inf Moch Renaldy Herbowo.S.Sos.,M.Si membenarkan peristiwa tersebut.Memang wilayah tersebut saat intensitas curah hujan yang cukup tinggi akan menimbulkan bencana alam banjir.
Saya telah mendapatkan laporan semalam tentang banjir karena meluapnya Sungai Uram di daerah itu dengan ketinggian air sekitar 60 sampai 70 cm dan merendam sedikitnya 80 rumah di Desa Kota Baru hingga Lemeu.

Babinsa telah berada di lokasi banjir untuk melakukan penanganan. Saya sudah menghubungi pihak BPBD dan Polsek setempat guna melakukan penanganan bersama dalam mengevakuasi masyarakat.

Saya berpesan kepada Babinsa terus mengimbau kepada warga agar tetap waspada banjir susulan yang masih berpotensi terjadi. Mengingat cuaca ekstrim diprediksi terjadi selama beberapa hari ke depan.
Penjabat Koramil Pelda Mulyawan mengatakan tidak ada dampak buruk akibat banjir, warga masih menempati rumahnya masing-masing. Hanya saja, aktivitas pekerjaan warga yang sempat yang menjadi terganggu.

Babinsa akan terus memantau situasi di lapangan guna mengantisipasi segala sesuatunya.ujarnya

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel