Danramil Salurkan Bantuan Kementerian ESDM

Lebong Utara.Danramil 409-01/LU Kodim 0409/RL Kapten Cba Arif Parwoko hadiri penyaluran Alat Masak Listrik (AML) /Rice Cooker gratis Kepada masyarakat Kabupaten Lebong.Kegiatan penyaluran berlangsung di kantor Pos Indonesia Muara Aman Kecamatan Lebong Utara.Kamis(11/01/24)
Kegiatan dihadiri oleh Kabag Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Lebong, Danramil 409-01/LU, Kapolsek LU, Kepala PLN Rayon Muara Aman, Camat LU, Seluruh Kades se-Kab Lebong serta 274 Masyarakat penerima Manfaat.

Kabag Ren Pembangunan Daerah ZULHENDRI, S.Sos, mengatakan melalui PT POS Indonesia Kabupaten Lebong telah menyalurkan bantuan dan penyaluran saat ini merupakan tahap berikutnya. Pembagian alat masak gratis ini dilakukan sebagai bagian dari program yang direalisasikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).
Kami selaku pemerintah daerah Kabupaten Lebong sangat mendukung PT POS Indonesia sebagai transporter,  beliau mendukung dan melalui Kadis ESDM meminta support agar mensukseskan penyaluran yang akan dilakukan.

Program itu berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) Nomor 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Memasak Berbasis Listrik bagi Rumah Tangga, yang diundangkan pada 2 Oktober 2023. Alat memasak berbasis listrik (AML) yang dimaksud berfungsi untuk menanak nasi, menghangatkan makanan, dan mengukus makanan.

Berdasarkan data untuk tahap pertama ada 274 KPM untuk berikutnya itu kami belum mengetahui sebaranya, dan itu akan ditindaklanjuti kembali. tutupnya. 
Danramil kapten Cba Arif Parwoko mengatakan Tujuan program ini adalah menjamin akses energi bersih yang terjangkau, andal, dan berkelanjutan. Selain itu program ini bertujuan mengurangi impor elpiji yang digunakan untuk memasak, meningkatkan konsumsi listrik per kapita, serta mendukung teknologi memasak yang lebih bersih.

Jadi bantuan alat masak berbasis listrik merupakan program kementrian ESDM melalui Ditjen ketenagalistrikan. Artinya masyarakat dapat optimal penggunaan listrik untuk mengurangi penggunaan gas yang selama ini impor dari luar.ujar Danramil

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel